about bis BUDIMAN TASIKMALAYA


Yang baru dari Budiman, MB euro 3-1518/XBC hanya tiga unit untuk wisata
Sembari menunggu bis saya bertanya dan ngobrol dengan Bapak Momon. Beliau adalah petugas informasi di bis Budiman. Bapak yang sudah bekerja di Po Budiman sejak tahun 1992 ini bercerita banyak tentang sejarah bis Budiman dengan segala dinamikanya. Pool bis Budiman sangat luas sekali. Sayapun cuman tercengang dan gumam saat tahu jumlah total armada bis Budiman ada sekitar 700 unit armada, dari berbagai mesin, ukuran, karoseri/model. Selanjutnya saya mohon ijin untuk masuk ke dalam garasi bis Budiman.

Wow, ternyata koleksi bisnya banyak sekali. Hehehehe... Saya salut dengan manajemennya, saat bis datang di pool/garasi kondketur bis diharuskan untuk laporan ke pengurus. Di dalam pool para penumpang menunggu bis Budiman mereka di tempat ruang tunggu penumpang. Disediakan juga hiburan televisi. Ada juga ruang tunggu penumpang yang ber AC.
Saya penasaran tentang kode-kode bis yang ada di bis Budiman, pak Momon menjelaskan dan sayapun jadi tahu maksud dari angka yang ada pada nomor lambung bis tersebut. Kode hurut menjelaskan mesin yang digunakan, dibelakangnya diiringi dengan nomor jumlah armada bis Budiman. Beberapa kode huruf yang digunakan oleh bis Budiman antara lain IL (kepanjangan dari Intercooler Long), DL (Donking Long), HP, R (Hino RG), V (Volvo), W (bis pariwisata) dan E (MB Euro). Armada bis besar tebaru po Budiman yaitu MB Euro 3-OH 1518/XBC karoseri Rahayu Sentosa model Evolution.
Kini bis Budiman sudah menjadi salah satu primadona bagi warga Tasik dan sekitarnya yang akan berpergian menuju kota-kota di Jawa. Trayek bis besarnya saja sudah 19 trayek melayani rute di Jabodetabek, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Itupun belum yang termasuk bis ukuran 3/4nya. Sebenarnya manajemen bis Budiman ingin memperluas trayek hingga ke Sumatera dan Jawa Timur, hingga Bali. Namun hingga kini pihaknya masih terkendala susahnya mengurus trayek. Manajemen bis Budiman juga sudah cukup baik, sehingga dapat memberikan pelayanan kepada para penumpangnya, yaitu menerapkan semua bisnya ber kelas PATAS meskipun non AC. Selain itu penumpang juga diberikan servis air mineral. Maka sangat pantas apabila po Budiman ini mendapatkan piagam penghargaan dari Menteri Perhubungan, Ir. H. Jusman Syafii Jalil sebagai bis antar kota dari Jawa Barat sebagai angkutan terbaik dalam pelayanan angkutan Lebaran tahun 2007. Direktur utama bis Budiman saat ini masih dijabat oleh Bapak H. Ateng Jaelani. Beberapa putera Abah Ateng tidak semuanya mengurusi bisnis bis. Ada yang jadi pengusaha SPBU dan juga ada yang menjadi wakil walikota. Semoga bis Budiman ini kedepannya terus dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penumpang dan mempertahankan usaha transportasi darat ini.
SUMBER :
(* Diceritakan oleh Andi Tiansyah BisMania Malang Raya
untuk semua penggemar bis di Indonesia

0 comments:

Post a Comment