us Patas Bus Patas Cendana Ponorogo-Madiun-Surabaya Yang Aneh

by det on December 10, 2008

Lebaran Iedul Adha kemarin saya mudik ke kampung halaman, Ponorogo. Dari Surabaya berangkat Jumat (05/12/08) sehabis Jumatan. Kembali lagi ke Surabaya Selasa (09/12/08). Pulang dan pergi naik bus. Dari Surabaya naik bus Jaya. Dari Ponorogo naik bus Patas Cendana.

Jarak antara Surabaya ke Ponorogo tidak sama dengan jarak Ponorogo ke Surabaya. Selisihnya sekitar 20 kilometer. Lho, kok bisa?

Karena kalau ke arah Surabaya, di Madiun harus lewat Ring Road, melewati Asrama Haji Madiun yang bersebelahan dengan SMA 3 Madiun. Kemudian di Caruban harus lewat jalan lingkar yang di kanan-kirinya banyak sawah. Di Nganjuk juga tidak bisa lewat kota, tetapi melewati jalur di luar kota.

Perjalanan dengan bus dari Surabaya ke Ponorogo normalnya 4 jam. Dari Ponorogo ke Surabaya 4,5 jam. Tetapi yang saya alami kemarin ini benar-benar keterlaluan. Bus Patas Cendana yang harusnya dari Ponorogo ke Surabaya hanya transit di Madiun ternyata berhenti di sembarang tempat untuk menaikkan penumpang baru!

Tarif yang dikenakan ke penumpang juga beragam. Dari Ponorogo ada yang dikenakan 40 ribu per orang. Sementara saya hanya ditarik 25 ribu. Itu karena saya melakukan negosiasi harga dengan kondektur sebelum naik bus. Saya mulanya ingin naik bus Restu yang terkenal suka kebut-kebutan di jalan. Tetapi tidak jadi karena pasti banyak yang merokok. Merokok di dalam bus? Dasar penumpang yang aneh!

Secara fisik, bus Cendana memang bisa dikategorikan ke dalam bus patas. Formasi tempat duduknya 2-2. Ber-AC dan semua kru memakai pakaian yang rapi. Tetapi ternyata selama perjalanan baru ketahuan bahwa ini adalah bus semi patas. Tarifnya tarif patas untuk sebagian penumpang. Tetapi berhenti di sembarang tempat bukan merupakan kebiasaan bus patas.Apalagi kecepatannya, jauh dari yang seharusnya. Ponorogo Surabaya ditempuh selama hampir 6 jam! Bus Jaya yang terkenal lemot pun masih kalah lemot! Bus patas yang aneh!

Ada kejadian unik ketika transit di Terminal Madiun. Ada sepasang muda-mudi yang masuk ke dalam bus bergandengan tangan dengan mesranya. Si cewek tampak manja menggelanyut di lengan si cowok. Sambil sesekali mencium pipi cowoknya. Kondekturpun datang menyerang. Menyodorkan 2 karcis sambil menyebutkan angka: “40 ribu, mbak!”. Setelah menerima 40 ribu, sang kondektur pergi. Eh, si mbak manja itu protes: “lho, pak, dua lho pak, dua kali 40 ribu kan 80 ribu!”. Si kondektur dengan mata berbinar-binar segera menghampiri si mbak. Menerima tambahan 40 ribu! Dasar mbak-mbak yang aneh! :mrgreen:

Selama perjalanan, TV di dalam bus menayangkan video dangdut dengan penyanyi berbaju minim dan ketat. Goyangannya erotis. Tetapi kualitas vokalnya hancur. Liriknya? Ah saya tidak faham, liriknya menggunakan bahasa Jawa Tengah atau Jawa Barat, atau jangan-jangan bahasa Banyuwangi. Pakai isun-isun. Dangdut yang aneh!
Rute Surabaya-Ponorogo

Yang aneh lagi ketika naik bus Patas Cendana dari Surabaya ke Ponorogo. Di Terminal Bus Purabaya Surabaya para makelar menarik-narik penumpang dan dibawa naik ke bus Patas Cendana. Dikatakan bahwa tarifnya tarif biasa. Orang pasti akan berfikir tarif biasa adalah 23 ribu. Naiklah mereka ke dalam bus dingin dengan formasi kursi 2-2 tersebut dengan hati gembira!

Setelah bus berjalan beberapa kilo, kondektur mulai membagikan karcis dan menarik biaya. Alangkah terkejutnya mereka yang tidak tahu bahwa tarif biasa bagi bus Patas jurusan Surabaya Ponorogo adalah 45 ribu. Sebagian besar penumpang yang merasa tertipu akan marah-marah ke kondektur. Bagi yang punya duit mungkin tidak jadi masalah. Tetapi bagi yang duitnya mepet mending langsung turun dan ganti bus biasa.

Kebiasaan menaikkan penumpang di sembarang tempat juga berlaku untuk rute ini. Rupanya ini sudah menjadi tradisi perusahaan PO Cendana Madiun. Tradisi yang aneh!

Dan jangan heran jika kemudian Anda diturunkan di Terminal Madiun dan dioper ke bus biasa. Memang begitu kebiasaan bus Patas Cendana. Padahal dengan tarif patas tersebut penumpang berhak diantar hingga kota tujuan terakhir, Ponorogo.
Ayo Lapor!

Saya yakin banyak sekali diantara penumpang yang punya pengalaman dikecewakan oleh Bus Patas Cendana. Kemarin saya sempat mencacat nomor pengaduan yang tertulis di atas dashboard. Nomornya:
085235397000

Ayo Lapor!
sumber http://deteksi.info/2008/12/bus-patas-cendana-ponorogo-madiun-surabaya-yang-aneh/comment-page-1/

2 comments:

  1. Unknown said...
     

    No.nya engga aktif. Shitt saya juga ketipu

  2. Anonymous said...
     

    Pernah tanya ke salah satu kru bis patas, alasan mereka menaik turunkan penumpang dipinggir jalan yg seharusnya emg gak boleh untuk bis patas. Mereka melakukan hal itu karena untuk kejar setoran, karena kalau mengandalkan terminal ya kurang untuk setoran, apa lagi dengan banyaknya kendaraan pribadi pasti penumpang bis juga sangat menurun, jadi alasan mereka berhenti sembarangan itu untuk menambah penumpang biar bisa nutup setoran. Oh iya 1 lagi, kalau adminnya ini tidak suka dengan bahasa dari suatu daerah gak usah pake sebut merk ya!!! Karena takutnya ada netizen lain yg tersinggung.. Maaf saya sekedar masukan.

Post a Comment